One Plant One Person To Green Our School

ONE PLANT ONE PERSON TO GREEN OUR SCHOOL

Pada hari Jum’at, 11 November 2022, di SMP Negeri 1 Kalikotes melakukan gerakan menanam tanaman bersama dengan kegiatan yang bernama “0NE PLANT ONE PERSON TO GREEN OUR SCHOOL“. Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kalikotes mengajak seluruh warga sekolah untuk membawa tumbuhan satu orang satu tumbuhan untuk ditanam di lingkungan sekolah agar sekolah menjadi lebih hijau, lebih segar, dan lebih sehat serta leboh ramah lingkungan. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung sekolah sebagai sekolah adiwiyata.

Adiwiyata, secara internasional disebut pula dengan Green School adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
Sekolah Adiwiyata adalah tempat belajar yang ingin para siswanya memiliki karakter peduli lingkungan bahkan setelah lulus dari sana. Oleh karena itu, sekolah ini mengintegrasikan tiga prinsip dasar dalam penentuan kurikulumnya, yakni edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan.
1. Edukatif, berarti pendidikan lingkungan melalui berbagai pembiasaan hidup berdampingan dengan alam. Contoh kegiatan edukatif di sekolah kita, yaitu dalam memelihara dan mengelola lingkungan dengan penghijauan lingkungan sekolah dan pengelolaan sampah
2. Partisipatif adalah melaksanakan program sekolah secara komprehensif, mulai dari pihak pemerintah sampai masyarakat. Contoh partisipatif di sekolah kita, yaitu program lahan asuh tiap kelas dengan keikutsertaan orang tua wali murid.
3. Berkelanjutan, memiliki arti bahwa program sekolah Adiwiyata adalah dapat dilakukan terus-menerus hingga tujuannya tercapai.
Tujuan sekolah Adiwiyata, sebagai tempat pembelajaran dan penyadaran seluruh warga sekolah agar dapat ikut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Semarak pencanangan penanaman seribu tumbuhan di SMP Negeri 1 Kalikotes ini diikuti oleh seluruh warga sekolah. Bersama – sama kegiatan ini diawali dengan sarapan bersama oleh seluruh warga sekolah, kemudian setelah itu dilanjutkan dengan apel dengan membawa tanaman masing – masing. Pada apel tersebut Kepala Sekolah memberikan slogan baru untuk SMP Negeri 1 Kalikotes yaitu “ESSAKAL BERAKSI”  essakal adalah singkatan dari SMP Negeri 1 Kalikotes, lalu beraksi adalah singkatan dari BERsih, Aksi, Kolaboratif, dan SInergi.